manfaat lari pagi

Meluangkan waktu untuk olahraga di pagi hari tentunya menjadi suatu tantangan bagi sebagian orang. Padahal olahraga dipagi hari banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Olahraga yang bisa kamu lakukan di pagi hari salah satunya yaitu lari. Olahraga ini termasuk salah satu olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan tapi punya segudang manfaat! Penasaran apa aja? Simak yuk, berikut adalah 7 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh Kamu!

1. Membantu Mencegah Stress

manfaat lari pagi
Sumber: Freepik

Manfaat yang pertama adalah membantu mencegah stress. Saat kamu berlari tubuh secara alami akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat kamu menjadi lebih tenang dan merasa lebih bahagia loh sobat. Jadi kalo kamu lagi merasa depresi, gelisah atapun stress karena kerjaan maupun tugas kuliah yang menumpuk, hal ini bisa membantu kamu untuk meredakannya.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

manfaat lari pagi
Sumber: Freepik

Lari pagi juga bisa memberikan manfaat untuk sobat BPJS yang mengalami Insomnia karena beberapa penelitian menunjukan bahwa lari pagi akan membantu kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Penelitian ini menunjukan bahwa lari di pagi hari lebih banyak pengaruhnya terhadap kualitas tidur dibandingkan dengan lari di sore hari ataupun malam hari.

3. Meningkatkan Energi

manfaat lari pagi
Sumber: Freepik

Manfaat selanjutnya yaitu olahraga lari pagi juga bisa membantu meningkatkan energi kamu untuk menjalani aktivitas seharian dan membuat otak kamu menjadi lebih fokus. Ketika berlari tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat kamu bersemangat dan merasakan energi yang positif pada diri sendiri.

Baca juga: Olahraga di Rumah yang Dijamin Nggak Perlu Alat Biar Hemat!

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat lari pagi
Sumber: Freepik

Olahraga ringan seperti lari pagi, aman dilakukan bagi penderita hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari memberikan pengaruh banyak terhadap penurunan tekanan darah. Lari pagi dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Salah satu mekanisme yang diaktifkan saat jogging adalah menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dalam darah yang mendukung penurunan tekanan darah.

5. Mencegah Penuaan Dini

grandparent
Sumber: Freepik

Selanjutnya, lari di pagi hari dapat membantu kamu untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Penuaan ini ditandai dengan munculnya keriput pada kulit. Selain karena faktor bertambahnya usia, keriput ini bisa muncul karena produksi kolagen pada tubuh kita menurun. Bahaya dari produksi kolagen yang menurun ini harus dihindari supaya elastisitas dan kekuatan kulit tetap terjaga.

Dengan berolahraga seperti lari pagi secara rutin bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga tidak heran jika proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah dengan lebih baik.

6. Menurunkan Berat Badan

manfaat lari pagi
Sumber: Freepik

Sama seperti manfaat olahraga lainnya, lari pagi yang dilakukan secara rutin dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena pada saat berolahraga tubuh kamu akan membakar kalori yang ada pada tubuh.

7. Kulit Menjadi Lebih Cerah

woman mirror
Sumber: Freepik

Manfaat lari pagi lainnya yaitu membantu kulit menjadi lebih cerah. Hal ini disebabkan karena lari pagi akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Sirkulasi darah inilah yang memberikan manfaat baik bagi kulit kita. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat suplai oksigen dan nutrisi kulit tercukupi dengan baik. Jadi, tidak heran jika kulit akan menjadi lembap dan tampak lebih cerah secara alami.

Nah itu adalah 7 manfaat lari pagi untuk tubuh kamu. Tunggu apa lagi sobat? Yuk kita mulai rutin olahraga pagi supaya tubuh dan kulit kita menjadi lebih sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *