Punggung Terasa Nyeri

Untuk kaum-kaum BPJS (budget pas-pasan jiwa sosialita) yang kebanyakan kerja, ada 1 penyakit yang sering mengganggu kita, yaitu nyeri di bagian punggung. Punggung terasa nyeri ini tentu saja bisa diatasi, namun sebelum kita mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya kita mengetahui penyebab nyeri punggung.

Penyebab Punggung Terasa Nyeri

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan punggung terasa nyeri, berikut daftarnya :

1. Postur Tubuh Tidak Benar Penyebab Punggung Terasa Nyeri

Punggung terasa nyeri posisi duduk yang salah
sumber : okezone

Postur tubuh yang kurang benar saat kamu melakukan suatu hal dapat memberikan beban atau stres berlebih pada punggung kamu. Maka dari itu, usahakan untuk melakukan kegiatan atau mengubah posisi tubuh secara perlahan agar kesehatan punggung tidak terjaga.

Biasanya, sakit pada bagian punggung diakibatkan postur tubuh bisa hilang seiring berjalannya waktu. Namun, jika terus dibiarkan dan kondisi itu terus berulang, bukan tidak mungkin kamu mengalami kondisi yang lebih parah. Bahkan, kamu bisa memerlukan terapi fisik untuk mengembalikan kondisi kesehatan kamu.

2. Gerakan-gerakan Menghentak

gerakan menghentak
sumber : healthline

Punggung terasa nyeri memang wajar dialami belakangan ini dan area yang paling umum terserang adalah punggung bagian bawah. Alasannya, punggung bagian bawah menopang sebagian besar berat badan kita.

Menurut ahli di National Institutes of Health – MedlinePlus, seseorang bisa mengalami sakit punggung setelah mengangkat benda bergerak atau gerakan (menghentak) secara tiba-tiba.

Diatas sudah kita bahas penyebab-penyebab punggung terasa nyeri dan biar kamu bisa mengatasi sakit punggung yang kamu alami, kita akan share cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Punggung Terasa Nyeri

Setidaknya ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sakit punggung, mulai dari gerakan sederhana, penggunaan obat-obatan, hingga terapi fisik. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengatasi punggung terasa nyeri.

Baca juga: Olahraga di Rumah yang Dijamin Nggak Perlu Alat Biar Hemat!

1. Gerakan Cobra stretch

punggung terasa nyeri cobra stretch
sumber :nrityayoga

Punggung terasa nyeri dapat diredakan dengan melakukan gerakan ini. Gerakan ini membantu untuk mereggangkan otot perut dan punggung bagian bawah yang kencang.

Berbaringlah dengan posisi seperti tengkurap dan letakkan tangan kamu tepat di samping tubuh sehingga ujung jari sejajar dengan dada kamu. Tekan bagian atas kaki dan tangan ke lantai dan angkat tubuh bagian atas menghadap ke atas. Tahan agar siku tetap lurus. Kemudian tahan gerakan ini selama 10 detik. Perlahan kembali lagi ke posisi awal dan ulangi sebanyak 5 kali.

2. Gerakan Child Pose

punggung terasa nyeri child pose
sumber : skimble

Gerakan ini dimulai dengan posisi duduk, dengan lutut yang dilipat di bawah bokong. Baringkan badan kamu ke depan (tengkurap) dan luruskan lengan ke depan. Sehingga kamu bisa merasakan tarikan dari bahu ke punggung bagian bawah. Tahan gerakan ini sambil menarik napas dalam beberapa kali.

Kemudian pelan-pelan geser tangan kamu ke arah kanan sampai tubuh kamu terasa tertarik ke arah kanan. Tahan gerakan ini sambil menarik napas dalam sebanyak 3 kali, dan ulangi ke arah kiri.

3. Seated Spinal Stretch

Seated Spinal Stretch
sumber : popsugar

Duduklah dengan lutut ditekuk dan kaki kiri ditumpuk di atas, atau seperti duduk bersila. Luruskan lengan kanan, dan letakkan di lutut kiri. Letakkan tangan kiri di atas lantai tepat di belakang kamu, dan putar perlahan kepala dan bahu kamuke kiri. kamuharus merasakan peregangan atas dan bawah tulang belakang. Tahan gerakan ini sambil menarik napas dalam sebanyak 3 kali. Kemudian ulangi pada sisi yang berlawanan.

4. Kompres Area yang Terasa Sakit

punggun terasa nyeri kompres
sumber : express

Ketika rasa sakit di bagian otot punggung mulai muncul, sebaiknya segera mengaplikasikan kompres dingin untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Jangan lupa untuk tidak langsung meletakkan es di atas kulit kamu.

Sebaiknya lapisi dengan menggunakan handuk. Aplikasikan sekitar 10 sampai 20 menit. Setelah beberapa hari, kamu pun bisa mengaplikasikan kompres dengan air hangat.

5. Penggunaan Obat-Obatan

Penggunaan obat-obatan

Jika kamumerasa nyeri punggung tak kunjung hilang, ada beberapa obat-obatan yang bisa kamugunakan. Salah satu yang paling banyak dikonsumsi saat mengalami nyeri adalah obat pereda nyeri atau non-steroidal anti-infalmmatory drugs (NSAIDs).

Selain itu, dokter juga mungkin akan menyarankan penggunaan relaksan otot jika rasa nyeri tak kunjung hilang hanya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, obat ini memiliki efek samping yang dapat membuat kamu mudah mengantuk dan pusing.

Kamu juga bisa menggunakan salep pereda nyeri yang penggunaannya dioleskan ke area punggung yang terasa sakit. Untuk kondisi yang sudah cukup parah, dokter bisa jadi meresepkan kamu opioid untuk penggunaan jangka pendek.

6. Tetap Aktif Bergerak

tetap aktif bergerak

Salah satu hal penting yang bisa membantu mengatasi nyeri punggung adalah tetap bergerak dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Kamu mungkin berpikir bahwa saat sedang sakit punggung, lebih banyak memperbanyak istirahat. Padahal, dengan tetap aktif bergerak, kamuakan lebih cepat pulih dari kondisi ini.

Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi kamu tidak perlu cepat menyerah karena seiring berjalannya waktu, rasa sakit akan perlahan mereda.

7. Terapi Fisik Dapat Meringankan Punggung Terasa Nyeri

terapi fisik

Menurut John Hopkins Medicine, terapi fisik merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa dilakukan jika kamu ingin meredakan rasa nyeri di area punggung. Saat menjalani terapi ini, kamu akan didampingi oleh ahli terapi fisik yang membantu kamu menjalani latihan fisik sebagai bagian dari terapi.

Meski begitu, latihan fisik yang dijalani oleh masing-masing individu bisa begitu berbeda, tergantung dengan kondisi dan tingkat keparahan yang dialami. Biasanya, latihan fisik yang diterapkan untuk kamu disesuaikan dengan gejala dan kondisi kesehatan.

Demikian penyebab punggung terasa nyeri dan cara mengatasinya, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi sakit di punggung kamu ya!

Baca juga :

Olahraga di Rumah yang Dijamin Nggak Perlu Alat Biar Hemat!

2 Thoughts on “Punggung Terasa Nyeri? Berikut Cara Mengatasinya!!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *