tips menurunkan berat badan

Halo sobat BPJS! Pertama-tama, kami mau mengucapkan selamat karena kamu mau memperbaiki gaya hidup kamu dengan tips menurunkan berat badan ini! Dengan membaca artikel ini aja nih, kami yakin kamu bisa bikin hidup kamu lebih sehat karena pengetahuan itu langkah awal untuk hasil akhir kamu nantinya yang pasti nggak mengecewakan!

Sebelum kamu memulai perjalanan untuk menurunkan berat badan, kamu harus tau dulu tujuan kamu untuk menurunkan berat badan itu apa. Untuk estetik maupun untuk kesehatan, ada beberapa pengukuran tertentu yang harus kamu lakukan biar kamu bisa hidup lebih sehat untuk ke depannya.

BMI

Body Mass Index atau kerap disebut BMI adalah pengukuran terstandarisasi untuk menghitung rasio berat badan dari tinggi badan. Metode ini sering digunakan karena yang paling mudah dan resiko kesehatan mudah diperkirakan dari metode ini. Cara pengukurannya adalah membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan yang dipangkatkan. Biar lebih gampang, ini udah tersedia bagannya.

Tips menurunkan berat badan BMI Chart
Sumber : Ukfitness

Permasalahan dari pengukuran ini, yang diukur itu cuma berat dan tinggi sedangkan di dalam tubuh kamu ada tulang, lemak, dan air juga! Kalau kita cuma mengukur berdasarkan pengukuran ini, bisa jadi kita nggak mengetahui lemak yang ada di tubuh kita yang bisa jadi sarang penyakit loh!

Body Fat Percentage

Saat kita menurunkan berat badan, idealnya kita menurunkan berat badan dari lemak. Persentase lemak tubuh atau body fat percentage adalah pengukuran yang bisa membantu kamu untuk mengukur proporsi lemak dari total berat tubuhmu. Persentase lemak tubuh juga harus diperhatikan karena kamu tidak bisa sembarang menurunkan massa lemak kamu terlalu banyak karena tubuh kita juga butuh lemak untuk berfungsi dengan baik. Kalau lemak tubuh kita terlalu sedikit, kita akan rentan osteoporosis saat kita tua nanti. Kalau lemak tubuh kita terlalu banyak malah bisa kena penyakit seperti diabetes, darah tinggi, sakit jantung, dan beberapa kanker tertentu. Setiap umur punya persentase lemak tubuh yang ideal loh, jadi jangan lupa inget umur!

Tips menurunkan berat badan Body Fat percentage
Sumber : Tanita

Sayangnya, metode pengukuran untuk body fat percentage terlalu rumit dan ada beberapa cara yang akurat tapi harus berbayar. Kalau kamu mau coba ngukur, kami saranin dihitung dengan kalkulator yang udah ada online. Meskipun belum terlalu akurat, tapi at least kamu tau lah proyeksi kira-kira kamu mau kurangin berapa kilogram lemak kamu. Kamu cuma harus bermodal pita pengukur kayak punya penjahit terus masukin itungan itu ke kalkulator ini!

Setelah ada dua pengukuran itu, kamu bisa melihat proyeksinya di bagan di bawah nih. Kombinasi dari BMI dan body fat percentage akan bisa memberikan pemahaman lebih dalam dari apa isi dari tubuh kamu.

Physique rating
Sumber : Tanita

Kalau kamu mau lebih akurat lagi, kamu bisa mengukur juga berat massa otot, lemak visceral atau lemak yang nempel di organ tubuh kamu, dan total air dalam tubuh kamu. Tapi karena terlalu ribet, yang penting kamu mengerti dulu kenapa kamu nggak boleh sembarangan dalam menurunkan berat badan. Hilangkan berat lemak, tapi jangan berlebihan dan tetap jaga kesehatan kamu karena semua komponen dari tubuh kamu itu penting!

Kalau kamu udah siap, yuk ikutin tips menurunkan berat badan dibawah ini!

Diet yang Tepat

Setelah mengukur BMI dan body percentage kamu menurut kami hal yang terpenting adalah mengatur asupan gizi yang masuk kedalam tubuh kamu! Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan diet yang tepat untuk tubuh kamu ya sobat BPJS!

Baca juga: Olahraga di Rumah yang Dijamin Nggak Perlu Alat Biar Hemat!

1.Sarapan

tips menurunkan berat badan sarapan

Sobat BPJS yang lagi menjalani program diet jangan lupa untuk sarapan ya. Menurut Alodokter sarapan yang sehat bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa lapar di siang hari loh. Karena kalo kamu ga sarapan bisa membuat kamu kelaparan, jadinya kamu akan makan lebih banyak di siang hari dan malam hari.

Pastikan saat sarapan kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein dan karbohidrat. Kamu bisa coba makanan berikut untuk sarapanmu:

  • Oatmeal dengan bubuk protein dan selai kacang
  • Smoothie dengan buah-buahan, bubuk protein, yogurt yunani, atau selai kacang

2. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

tips menurunkan berat badan buah dan sayuran

Seperti yang sobat BPJS tau, mengkonsumsi buah dan sayur bagus untuk tubuh kita. Secara umum buah-buahan dan sayuran merupakan  sumber  berbagai  vitamin,  mineral,  dan serat  pangan. Karena kandungan serat ini, mengkonsumsi buah dan sayur bisa membuat kita merasakan kenyang lebih lama bahkan bisa mengurangi porsi makan kita loh.

Selain itu juga mengkonsumsi buah dan sayur bisa membuat tubuh kita lebih bugar, dapat melancarkan buang air besar dan masih banyak manfaat lainnya. Nih aku kasih daftar buah dan sayuran yang cocok untuk diet:

  • Kentang
  • Pisang
  • Apel
  • Kembang Kol
  • Buah Beri
  • Wortel
  • Alpukat
  • Kurma
  • Semangka
  • Kacang-kacangan

3. Makan dalam Porsi Kecil

porsi kecil
Sumber : Detikfood

Ternyata makan dalam porsi kecil tapi sering dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih stabil. Jika metabolisme tubuh bagus dan stabil, maka berat badan bisa dikontrol dengan baik. Selain itu juga makan dalam porsi kecil bisa membantu kita mengendalikan nafsu makan yang berlebihan dan membuat tubuh kita lebih mudah mencerna makanan.

Olahraga yang Tepat

Setelah memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh kamu, ada baiknya dibantu dengan olahraga yang tepat. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang bisa menurunkan berat badan kamu, tapi olahraga yang kita masukkan kedalam tips menurunkan berat badan kali ini merupakan olahraga yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Metabolisme tubuh yang cepat, dapat memberbanyak jumlah kalori yang terbakar!

Yuk, intip beberapa jenis olahraga yang bisa menurunkan berat badan kamu!

1. Lari

tips menurunkan berat badan lari

Lari merupakan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan. Jika kamu berlari dalam durasi 30 menit, kalori yang kamu bakar bisa mencapai 250-355 kalori. Namun, harus diperhatikan juga ya cara berlari yang benar untuk menghindari cedera!

Jika, menurut kamu berlari merupakan kegiatan yang cukup berat untukmu, kamu bisa memulai dengan jalan cepat selama 1-4 minggu pertama. Ketika badan kamu sudah terbiasa dengan olahraga ringan seperti berjalan cepat, maka kamu bisa mulai berlari!

2. Berenang

Tips menurunkan berat badan berenang

Nah, untuk kamu yang mengalami masalah persendian, olahraga yang masuk kedalam tips menurunkan badan yang satu ini bisa jadi pilihan kamu! Ya, berenang! Berenang ini bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan karena olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu.

Gerakan mengayuh yang kamu lakukan saat berenang, jika kamu lakukan selama 30 menit dapat membakar 200-300 kalori. Olahraga ini juga tepat untuk kamu yang mencari olahraga yang menyenangkan sekaligus membuat otot kamu kuat, serta meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung kamu!

3. Lompat Tali

Lompat tali

Untuk sobat BPJS yang merasa sepatu lari mahal dan menyewa kolam renang terasa pricy, tenang! Olahraga terakhir yang masuk kedalam tip menurunkan berat badan ini sangat affordable! Lompat tali bisa menjadi pilihan kamu jika kamu ingin memiliki badan yang sehat dan ideal tanpa merogoh kocek yang dalam.

Dengan harga Rp. 17.000 kamu sudah bisa membeli skipping rope dan memulai olahraga ini. Lompat tali merupakan olahraga yang sangat sederhana, namun memiliki impact yang besar untuk tubuh kamu. Jika kamu lakukan selama 30 menit, olahraga lompat tali ini dapat membakar 230-300 kalori.

Faktor Lain yang Bisa Bikin Berat Badan Turun

Setelah kamu membaca tips menurunkan berat badan diatas, sebenarnya kita masih ada nih tips-tips tambahan kecil yang mempunyai efek besar untuk menurunkan berat badan kamu!

1. Minum Air Putih yang Rutin dan Banyak

air putih

Semua kegiatan tubuh manusia seperti berpikir, melancarkan pencernaan, dan membakar lemak tubuh, membutuhkan air sebagai pelancarnya. Karena pada dasarnya, tubuh manusia terdiri atas 60% air. Oleh sebab itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat tubuh berfungsi dengan baik pula.

Maka dari itu, minum air putih menjadi salah satu tips menurunkan berat badan yang wajib untuk kamu lakukan setiap hari. Sudah terbukti juga, bahwa minum air putih dapat memberikan efek yang baik terhadap tubuh kamu, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menekan nafsu makan
  • Membuat tubuh terasa ringan dan mudah bergerak
  • Menurunkan kalori cair
  • Meningkatkan daya kerja otak, sehingga mengurangi stres, dan meningkatkan motivasi.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bikin turun berat badan? Jangan salah!! Salah satu penyebab kamu naik berat badannya bisa terjadi karena kamu kurang tidur, yang mempengaruhi nafsu makan kamu. Masih belum percaya? Yuk kita kupas bersama

Nafsu makan yang ada pada tubuh manusia itu dikendalikan oleh neurotransmitter. Neurotransmitter merupakan pembawa pesan yang mengirimkan sinyal kepada sel saraf untuk saling berkomunikasi. Neurotransmitter ini terdiri atas ghrelin dan leptin yang mana kedua senyawa ini mengandung pusat nafsu makan.

Ghirelin yang dapat meningkatkan rasa lapar, dan leptin yang membuat tubuh kamu terasa kenyang. Lalu, tubuh akan secara alami melakukan peningkatan atau penurunan kadar neurotransmitter setiap hari, sebagai tanda tubuh membutuhkan kalori.

Nah bila kamu kekurangan waktu tidur, neurotransmitter kamu akan tidak seimbang. Akibatnya, akan timbul rasa lapar yang tidak terkontrol, atau keinginan untuk makan di tengah malam meningkat. Maka dari itu, waktu tidur yang cukup, akan sangat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Oke sobat BPJS, semoga artikel tips menurunkan berat badan ini bisa membantu kamu mendapat tubuh yang sehat dan ideal ya!

Baca juga :

0 Thoughts on “Tips Menurunkan Berat Badan! Badan Sehat Itu Gak Ribet!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *