Windows 11

Halo sobat BPJS! Pasti udah denger kan kabar yang lagi ramai, bahwa Windows 11 akan segera bisa kita download akhir tahun ini! Walaupun Windows belum menentukan tanggal pasti releasenya, namun mereka udah kasih bocoran fitur-fitur apa aja nih yang ada di Windows 11 ini.

Namun, ada baiknya sebelum mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada di windows 11 ini, kita memastikan apakah device kita memiliki spesifikasi yang cukup untuk update terbaru dari perusahaan Microsoft ini.

Spesifikasi Minimal Perangkat Untuk Windows 11

Spesifikasi Komputer Windows 11
Sumber : Microsoft

Pembaharuan sistem operasi pasti akan meingkatkan peforma dan menambah fitur-fitur, namun dengan ada nya pembaharuan sistem operasi, spesifikasi minimal device agar dapat menggunakan OS terbaru juga pasti meningkat. Windows memberikan informasi untuk penggunaan Windows 11 ada beberapa spesifikasi minimal yang harus dimiliki oleh device user mereka.

Kini Windows mensyaratkan prosesor 64-bit yang memiliki setidaknya dua inti CPU berkecepatan 1 GHz. Perangkat komputer juga wajib mempunyai RAM minimal 4 GB, serta storage minimal 64 GB, dan pengolah grafis (GPU) yang mendukung Windows Display Driver Model (WDDM) 2.0. Beberapa fitur tertentu di Windows 11 seperti 5G dan Auto HDR juga memiliki persyaratan hardware sendiri. Koneksi 5G tentu membutuhkan chip modem 5G, sementara HDR perlu monitor yang mendukung fitur HDR tersebut.

Nah, Berikut spesifikasi minimal yang lebih detailnya :

  • Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)
  • RAM : 4 gigabyte (GB)
  • Storage : 64 GB or larger storage device
  • System Firmware : UEFI, Secure Boot capable
  • TPM : Trusted Platform Module (TPM) Version 2.0
  • Graphics Card : Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
  • Display : High definition (720p) display that is greater than 9” diagonally, 8 bits per colour channel
  • Internet Connection and Microsoft Accounts : Windows 11 Home edition requires internet connectivity and a Microsoft account to complete device setup on first use. Switching a device out of Windows 11 Home in S mode also requires internet connectivity. Learn more about S mode here. For all Windows 11 editions, internet access is required to perform updates and to download and take advantage of some features. A Microsoft account is required for some features.

Sumber : Microsoft

10 Fitur Baru Windows 11

Setelah mengetahui spesifikasi dasar untuk perangkat kamu, mari kita mengetahui lebih dalam fitur-fitur baru apa aja yang akan ada di update-an terbaru dari Microsoft nanti.

1. Aplikasi Android

windows 11 aplikasi android
Sumber : Microsoft

Salah satu fitur yang paling menarik nanti adalah nantinya perangkat kita bisa menggunakan aplikasi android. Windows menyediakan dukungan untuk aplikasi android. Microsoft mengintegrasikan android kedalam platform sehingga dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi Windows lainnya. Nah, aplikasi-aplikasi android yang ada, bisa di download melalui microsoft store yang sudah menjadi 1 dengan amazon appstore.

2. Windows Store

windows 11 window store
Sumber : Microsoft

Pada pembaharuan nanti, windows store juga mengalami perubahan. Tampilan windows store akan dibuat lebih simple dan clean dan penggunaannya lebih cepat dan mudah untuk menemukan aplikasi baru. Windows store nanti juga akan menyediakan game yang dapat diunduh.

3. Xbox Game Pass

Xbox game pass
Sumber : Microsoft

Buat kamu yang mempunyai console xbox, sekarang kamu bisa cross-save dan cross-play antara console dan PC nih! Aplikasi ini terintegrasi langsung dalam platform, sehingga akses menjadi mudah.

4. Gaming auto HDR pada Windows 11

Sumber : Microsoft

Update terbaru pada Windows nantinya dapat menyulap game non-HDR dengan mengubah warna dan pencahayaannya sehingga tampilannya menyerupai game dengan grafis HDR. Fitur HDR otomatis ini sudah lama hadir di konsol Xbox sehingga penerapannya di Windows tidak mengherankan, mengingat Xbox dan windows merupakan perusahaan 1 ayah.

5. Voice, Pen, and Gesture Control

windows 11 voice, pen, and gesture control
Sumber : Microsoft

Pada update-an terbaru nanti, perangkat yang memiliki layar sentuh dapat menggunakan stylus. Sistem operasi ini dirancang untuk pengguna yang ingin memasukkan informasi tapi tidak mau menggunakan keyboard dan mouse. Kemudian dengan menggunakan pena atau jari kamu juga bisa melakukan gesture control, lengkap dengan gerakan swipe. Kamu juga bisa menggunakan suara untuk memasukkan informasi kedalam perangkat kamu!

6. Multitasking Desktops

Multitasking Desktops Windows 11
Sumber : Windows

Buat sobat BPJS yang sering multitasking, ada kabar gembira untuk kamu! Windows 11 memberikan fokus khusus kepada fitur multitasking. Fitur ini memungkinkan kamu mengelompokkan tugas dalam beberapa desktop, jadi kamu bisa memiliki desktop untuk bekerja, gaming, atau sekolah dalam 1 layar, dan berpindah antar desktops dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk kamu yang menggunakan 2 monitor, ketika kamu mematikan salah tau monitor kamu, secara otomatis windows 11 akan me-minimize tampilan monitor yang kamu matikan ke monitor kamu yang masih aktif! Ketika kamu menyalakan kembali monitor yang kamu matikan tadi, maka secara otomatis pula tampilan yang di minimize tadi kembali ke layar yang kamu aktifkan kembali.

7. Snap Layouts

Snap Layouts
sumber : Microsoft

Kembali ke fitur multitasking, kini windows 11 memungkinkan kamu untuk membuka 2 aplikasi atau lebih dalam 1 layar yang dinamakan snap layouts. Fitur ini membuat kamu bisa menentukan tampilan 2 aplikasi atau lebih pada desktop kamu. Kamu udah gaperlu lagi secara manual membesar kecilkan aplikasi-aplikasi yang sedang kamu buka, karena sudah ada template yang disediakan oleh Microsoft.

8. Adaptive Screen

Adaptive Screen
Sumber : Microsoft

Untuk kamu pengguna device hybrid seperti tablet, kini Microsoft menyediakan fitur layar adaptive yang bisa menyesuaikan penggunaan kamu, portrait atau landscape.

9. Teams Masuk ke Windows 11

Teams windows 11
Sumber : Microsoft

Untuk kedepannya Microsoft akan mengintegrasikan Teams ke Windows 11. Fitur ini memudahkan user untuk terhubung dan berbagi file hanya dengan sekali klik di menu taskbar.

10. Widget

Windows 11 Widget
Sumber : Microsoft

Mungkin kamu udah ga asing lagi dengan fitur ini yang ada di smartphone kamu, fitur widget ini kurang lebih sama seperti itu. Microsoft memberikan widget yang dapat diakses dengan menggerakkan kursor ke kiri layar, didalamnya terdapat informasi penting untuk user seperti cuaca, kalender, saham, hingga berita.

Fitur widget ini juga kamu bisa personalisasi dan microsoft juga membekali AI pada widget ini, sehingga bisa mengetahui kebutuhan user.

Cara Install Windows 11 beta :

Untuk kamu yang ga sabar menunggu Windows 11 resmi di luncurkan, kamu bisa coba fitur-fiturnya pada versi beta. Nah berikut cara install Windows 11 versi beta! :

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Update & Security
  3. Klik Windows Insider Program
  4. Pilih Get started
  5. Hubungkan akun Microsoft
  6. Klik channel Beta pada pengaturan Windows Insider Program
  7. Restart perangkat
  8. Setelah menyala, masuk ke Settings
  9. Pilih Update & Security
  10. Klik Check for updates untuk melihat apakah update Windows 11 tersedia
  11. Download dan install sesuai petunjuk yang tersedia

Nah, setelah informasi mengenai Windows 11 dan fitur-fiturnya sudah kita berikan, untuk kamu yang penasaran dengan fitur-fitur Windows 11 bisa kamu coba install dengan cara diatas, atau kamu bisa menunggu Windows 11 resmi rilis akhir tahun ini!

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *